Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Model Aktifitas dan Bahan Ajar Kumpulan Contoh Teks Compliment atau Pujian Mudah "Couple Cards" Kelas X

Salah satu materi yang ada pada pelajaran Bahasa Inggris kelas X adalah Teks Compliment atau Pujian. 

What is a Compliment?
A compliment is a message of praise or flattery. It’s the opposite of criticism, insult, or complaint. Usually, it occurs in an interpersonal situation but it can occur in group situations, in public speaking situations, and of course in the media, where talk shows are often one compliment after another.

Apakah itu Pujian?
Pesan yang berisi sanjungan. Lawan dari kritik, hinaan, atau komplain. Biasanya terjadi di keseharian antar manusia, bisa juga antar kelompok, baik di kehidupan nyata ataupun dunia maya.

Penerapan Couple Cards dalam Materi Ungkapan Pujian.
Mungkin sering kali terlihat bahwa siswa mengobrol hal lain dengan temannya saat guru menerangkan Teks Compliment atau Pujian. Banyak pula siswa yang menyenderkan kepalanya di atas meja. Kerap beberapa kali terdengar siswa mengatakan bahwa mereka merasa bosan dan mengantuk. Pada saat siswa diberikan tugas atau latihan, beberapa siswa enggan untuk menuliskan soal dan jawaban secara lengkap. Bagi kalian yang akan mengajarkan materi Teks Compliment. Saya akan memberikan satu aktifitas yang dapat digunakan untuk model dan bahan ajar Teks Compliment atau Pujian. Aktifitas ini cukup menarik dan mudah.
Peserta didik di berikan masing-masing 1 kartu berisi situasi atau kalimat pujian. Kartu berwarna biru berisi situasi dan kartu yang berwarna pink berisi pujiannya. Semua murid mendapatkan 1 kartu yang berisikan kalimat yang berbeda dari yang lainnya Peserta didik mencari pasangan dari kartu tersebut yang di bawa oleh temannya, dengan cara menanyakan dan memasangkan apakah kedua kartu tersebut saling berpasangan.
Permainan Couple Cards bisa memancing aktifitas diskusi/teamwork para siswa. Selain itu, aktifitas Couple Cards membuat siswa saling bertanya satu sama lain dan juga menanyakan ke guru. Siswa juga melihat pola kalimat yang terdapat pada kartu tersebut. Aktifitas Couple Cards juga bisa dibilang merupakan suatu permainan yang bertujuan ‘mencari’, sehingga bisa dikatakan bahwa penerapan couple cards ini merupakan game-based learning. Couple Cards ini merupakan aktifitas yang mudah untuk dilakukan dikelas sebagai game atau ice-breaking.

Berikut contoh teks compliment/kalimat pujian dan situasi yang dapat kalian pakai untuk couple cards atau mungkin membuat dialog:
It’s a lovely dress!
Julie bought a brand new dress

Congratulations John! I’m so proud of you!
John is the winner of English Speech Competition

Look how beautiful you are!
Mary is seeing herself in front of the mirror with her new blouse. Alex is watching her

Woah, It’s a very cool car!
Martin bought a new Ferarri

Your voice is like an angel!
Pauline sings in front of her classmates

You’re such a great captain for a great team!
Cristiano Ronaldo scored a goal for Portugal National Football Team

It was such a beautiful scenery!
Ronald watched a sunrise on the peak of Lawu Mountain

Mom, this pizza is so delicious!
Mom cooked an italian food for her daughter.

He’s the best magician in Indonesia
Deddy Corbuzier surprised the audience by flying in front of them.

You’re my favorite teacher, Miss
Miss Diana brought a box of chocholates for her students everyday.

Your cat is so cute and fluffly!
Lidya has a white-haired persian cat.

Bagaimana menurut kalian? Couple Cards merupakan aktifitas yang cukup mudah bukan. Teks Compliment atau Pujian merupakan materi yang cukup mudah. Dengan aktifitas Couple Cards, siswa akan merasa santai. Couple Cards dapat dilakukan didalam atau diluar kelas.

Labels: bahan ajar, bahasa inggris, compliment, guru, kelas x, permainan, pujian, RPP, teks compliment

Thanks for reading Model Aktifitas dan Bahan Ajar Kumpulan Contoh Teks Compliment atau Pujian Mudah "Couple Cards" Kelas X. Please share...!

0 Comment for "Model Aktifitas dan Bahan Ajar Kumpulan Contoh Teks Compliment atau Pujian Mudah "Couple Cards" Kelas X"

Back To Top